3.

4.02.2008

belajar membuat Website

Membuat website sendiri memang gampang-gampang susah. Saya katakan demikian sebab paling tidak user harus lebih dulu sedikit paham tentang dunia internet. Tidak cukup sampai disini saja, melainkan sedikit banyak berkutat dengan sekelumit bahasa pemrograman, paling tidak HTML. Tanpa ini, rasanya sulit untuk bisa berkembang.


Pengetahuan dasar HTML sangat mendukung terhadap perkembangan pengetahuan dan kemampuan kita untuk lebih jauh mengenal website. Kemudian dilanjutkan dengan bahasa PHP, yang saat ini paling populer setelah HTML. PHP ini sejenis bahasa pemrograman sekaligus sebagai engine. Dia bermain dibelakang layar. Yang muncul dipermukaan adalah bahasa HTML.

Jadi script apapun yang dibuat oleh PHP, maka yang muncul dipermukaan adalah script HTML. Berbeda dengan PHP, script yang dibuat oleh HTML ketika dibrowsing, yang muncul adalah script HTML secara lengkap sebagaimana yang kita tulis. Dari sini PHP lebih unggul dari HTML.


Ada perbedaan signifikan antara PHP dengan HTML. Jika anda membuat sebuah halaman dengan script HTML, maka anda dapat langsung melihat hasil script anda melalui browser (IE, Firefox, Mozilla, Netscape, dsb.). Berbeda dengan PHP, ketika anda membuat script dengan bahasa PHP, anda tidak bisa langsung melihat hasil (tampilan) script PHP anda melalui browser. Syarat utama, PHP anda harus sudah include dan dibaca terlebih dahulu oleh Apache. Setelah Apache menyatakan OK pada modul PHP yang tersedia, dan Apache-nya harus selalu ON di komputer, maka baru bisa melihat script PHP anda melalui browser.


Untuk mempermudah membuat homepage (display halaman website) jika berbasis pada script HTML, anda bisa menggunakan Microsoft Frontpage. Atau kalau mau melancarkan jari-jari, lebih baik anda menulis langsung scritp-scritpnya. Bagaimana caranya? Gampang. Di dunia cyber ini banyak sekali tutorial HTML. Mau berapa banyak yang anda cari?, maka disana akan anda dapatkan tutorialnya. Salah satu tutorial yang lebh familiar anda bisa berkunjung ke alamat ini http://www.w3schools.com/ , di alamat ini anda akan banyak mendapatkan tutorial berbagai macam bahasa pemrograman. Termasuk didalamnya PHP, AJAX, XML, XHTML, dlsb.


Jika komputer anda berbasiskan Windows, terutama Windows XP. Saya tidak menyarankan untuk diinstall secara manual, satu per satu. Sebab selain ribet, juga sedikit menggangu kinerja Windows. Dan kalau kita tidak menghendaki atau menghapusnya, lumayan rada ribet juga. Saya menyarankan lebih baik menggunakan software-software server yang telah tersedia. Di dalamnya sudah include PHP, Apache, MySQL, maupun PHPMyAdmin. Bahkan ada juga yang menyertakan Perl. Salah satu yang paling polpuler saat ini adalah:


1. XAMPP di http://sourceforge.net/projects/xampp/
2. EasyPHP di http://www.easyphp.org/telechargements.php3
3. WAMP5 di http://www.en.wampserver.com/
4. DONGKRAK di http://www.kioss.com

diko89 © 2008. Design by :diko89 Sponsored by: Tutorial87 Commentcute
This template is brought to you by : allblogtools.com Blogger Templates